Spotify Memusnahkan Jabatan Podcast

Spotify, platform streaming musik dengan lebih dari 515 juta pendengar bulanan, telah memberhentikan 200 karyawannya, sekitar 2% dari jumlah tenaga kerjanya dalam sebuah langkah yang ditujukan untuk mengubah hubungan yang sudah berlangsung lama dengan beberapa studio podcast terkemuka – Gimlet Media dan Parcast.

Menurut memo yang dikirim oleh kepala podcast perusahaan, Sahar Elhabashi, keputusan tersebut merupakan “poros fundamental” yang bertujuan untuk mendukung podcasting yang berorientasi pada kreator.

Spotify Gabungkan Gimlet Media dan Studio Podcast Siaran

Dalam laporan terkait, The Verge mengatakan bahwa beberapa karyawan yang di-PHK pada hari Senin telah mengantisipasi berita tersebut sejak lama karena mereka telah “berjalan di atas cangkang telur selama berbulan-bulan.”

“Tidak ada kegembiraan. [PHK] lebih merupakan masalah waktu. Kenyataannya itu terjadi kemarin, itulah kejutannya,” kata salah satu mantan pekerja Gimlet kepada The Verge’s Hot Pod.

Dua studio podcast, Gimlet Media dan Parcast, yang diakuisisi perusahaan pada tahun 2019 akan bergabung untuk membentuk unit baru yang disebut sebagai Spotify Original Studios. Elhabashi menambahkan bahwa unit baru ini akan terus memproduksi beberapa acara yang sudah ada seperti The Journal.

The Journal merupakan acara harian yang mengabarkan berita terkini dari beberapa platform media seperti The Wall Street Journal yang berkolaborasi dengan Gimlet. Acara yang juga diharapkan untuk tetap ditayangkan adalah Stolen, sebuah acara populer yang meliput sistem sekolah asrama di Kanada.

Dalam sebuah posting Twitter, Parcast Union, yang mewakili kepentingan para anggotanya mengkonfirmasi pemberhentian Gimlet dan Parcast.

Sebuah pernyataan dari kami dan @GimletUnion. Teks lengkapnya ada di bawah ini. 🧵 pic.twitter.com/4MIQhUz5zg

– Parcast Union (@ParcastUnion) 5 Juni 2023

Serikat pekerja mengatakan bahwa Spotify, salah satu dari satu-satunya merek teratas yang berfokus pada pembuatan podcast orisinal, telah menghabiskan hampir $300 juta untuk membeli kedua studio tersebut, tetapi kemudian “menyia-nyiakan kesempatan itu” dengan melakukan kesalahan seperti menghentikan acara-acara populer.

Spotify juga membuat banyak acara eksklusif untuk platformnya, “mengurangi jumlah pendapatan yang dapat diperoleh studio kami,” demikian bunyi sebagian pernyataan tersebut.

Banyak perusahaan konten merasa sulit untuk mencapai titik impas dengan acara-acara eksklusif karena mereka cenderung membatasi jumlah penonton dan oleh karena itu pendapatan yang diharapkan. Wall Street Journal (WSJ), ketika melaporkan masalah ini mengutip Amanda Lotz, seorang konsultan media dari Australia, yang menegaskan bahwa strategi ini tidak “benar-benar berhasil di lingkungan yang memiliki begitu banyak podcast.”

Dia menghubungkan PHK tersebut dengan ketidakmampuan untuk mendapatkan kembali investasi dari studio yang awalnya dinilai terlalu tinggi, dan mengatakan bahwa keputusan untuk menggabungkan Gimlet dan Parcast adalah “koreksi normal daripada sesuatu yang lebih serius.”

Gabriel Kahn, seorang profesor di University of Southern California, yang dikenal karena mempelajari industri media dan juga memberikan konsultasi mengenai strategi mengatakan bahwa “Podcast tidak dapat melawan hukum penawaran dan permintaan.”

“Pasokan telah berkembang biak. Permintaan tidak,” tambahnya. “Padukan hal itu dengan penurunan belanja iklan dan ada sesuatu yang harus diberikan.”

PHK di Spotify Paling Berdampak pada Insinyur, Reporter, dan Produser

Hingga minggu lalu, Gimlet dan Parcast belum mendapatkan persetujuan untuk anggaran tahunan, yang berarti para karyawan tidak dapat mengerjakan acara-acara baru. Pengeluaran seperti perjalanan masih belum disetujui, menurut artikel Bloomberg.

Karyawan yang bekerja di bawah payung kedua studio podcast tersebut tidak mengetahui sampai hari Senin ketika mereka menerima memo bahwa 200 karyawan telah diberhentikan, dan acara-acara tersebut digabungkan ke dalam Spotify Original Studios.

Pemutusan hubungan kerja ini terutama berdampak pada produser, teknisi, dan reporter dari kedua acara tersebut – Gimlet dan Parcast. Selain itu, PHK juga terjadi di seluruh divisi podcast.

Langkah Spotify ini tampaknya sejalan dengan keputusan perusahaan untuk memprioritaskan kemitraan dengan pihak ketiga sembari membina para kreator podcast di platform Spotify for Podcasters yang memungkinkan para produser konten untuk memonetisasi karya mereka.

“Kami tahu bahwa para kreator telah merangkul audiens global di platform kami, tetapi kami menginginkan penemuan yang lebih baik untuk membantu mereka meningkatkan jumlah audiens,” ujar Elhabashi dalam sebuah memo pada hari Senin. “Kami juga tahu bahwa mereka menghargai alat dan program dukungan kreator kami, tetapi menginginkan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam hal monetisasi.”

Meskipun keputusan untuk menggabungkan Gimlet dan Parcast tidak mengejutkan Spotify, menurut The Verge, kombinasi tersebut mungkin tidak akan menguntungkan perusahaan, mengingat kedua acara tersebut sangat berbeda.

Sementara Parcast berkonsentrasi pada peliputan acara berbasis kriminalitas nyata seperti Serial Killers dan Crimes of Passion, Gimlet adalah serial yang berpusat pada jurnalisme untuk berita dan wawancara di samping drama audio yang telah ditulis sebelumnya.

“Saya tidak yakin apa artinya menggabungkan Parcast dan Gimlet dalam satu tim. Mereka memiliki gaya produksi dan pengembangan yang sangat berbeda,” kata seorang mantan karyawan Gimlet kepada The Verge. “Jadi, mereka membutuhkan dukungan yang berbeda dalam hal pemasaran, humas, pengembangan, dan keahlian lainnya.”

Sebuah laporan dari Triton Digital mengungkapkan bahwa unduhan podcast melonjak sebesar 20% pada tahun 2022 dari tahun ke tahun. Namun, investasi di segmen ini mulai melambat, berdasarkan artikel dari The New York Times tentang “Perusahaan Podcast.”

Perusahaan podcast lain seperti Vox Media dan Pushkin Industries juga telah mengurangi jumlah karyawan mereka, menyiratkan bahwa pertumbuhan melambat dan Spotify melihat perlunya bekerja dengan anggaran yang lebih ramping dengan unit baru – Spotify Original Studios.

Artikel terkait:

Apakah Kripto Terbaik untuk Dibeli Sekarang?

business2community-logo
  • B2C Menyenaraikan Matawang Kripto Teratas untuk 2023
  • Dapatkan Akses Awal kepada Presales & Jualan Persendirian
  • KYC & yang disahkan Diaudit, Pasukan Awam
  • Token Paling Banyak Diundi di CoinSniper
  • Penyenaraian Bursa Akan Datang, NFT Drops
business2community-logo